Menu

Saturday 30 June 2012

artikel orientasi kuliyah



“Me-manage Orientasi Study”
Setelah dihadapkan pada berbagai “problem” kelulusan sekolah, sebenarnya tanpa disadari “problem-problem” yang lebih besar akan menimpa diri kita seiring dengan perkembangan kita.
Tapi, problem itu akan terasa ringan atau dapat diatasi kalau sejak awal kita melakukan persiapan yang matang untuk mengantisipasi problem-problem itu. Untuk mahasiswa baru harus membuat dan menetapkan dengan yakin orientasi atau tujuannya dalam proses studinya. Karena tanpa itu, mahasiswa akan terombang-ambing terbawa arus pergaulan. “nilai seni” akan terlihat dalam setiap langkah yang di-manage atau diatur secara matang, sehingga akan meninggalkan “keindahan” atau perbuatan yang bermakna bukan sebuah penyesalan yang disesali seumur hidup.
Dalam menetapkan orientasi study, yang berbicara adalah hati bukan hawa nafsu yang sukanya selalu bersenang-senang. Orientasi yang baik seperti, kuliyah itu harus sungguh-sungguh untuk mencari ilmu, ikut organisasi untuk menambah wawasan serta bergaul dengan teman untuk menambah relasi.
Setelah rumusan orientasi study terbentuk, maka rumusan itu harus ditegakan atau dijalankan. Agar tujuan tercapai dan tidak meninggalkan penyesalan. Walaupun badai atau godaan datang dari berbagai arah, harus kita hadapi dengan tetap “mengangkat” orientasi study dan selalu bersabar. Semua itu akan berhasil bila di ikhtiyarkan dan disertai dengan do’a. selalu semangat untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan berbakti pada bangsa dan agama.

No comments: